Selasa, 04 Juni 2013

Konsep WDS (Wireless Distribution System)

Konsep WDS
Wireless Distribution System (WDS) adalah suatu system perluasan jaringan wireless, dimana dengan Wireless Distribution System, memungkinkan kita bisa membangun infrastruktur wireless tanpa harus membangun backbone kabel jaringan sebagai interkoneksi antar bridge, dimana kita tidak memungkinkan untuk memasang jaringan kabel, karena lebih mahal, terbatas, atau secara fisik memang tidak memungkinkan untuk membuat jaringan kabel.

Wireless Distribution System (WDS) bisa digunakan dalam dua jenis mode konekstivitas antar Access point.
·         Wireless Bridging dimana komunikasi access points Wireless Distribution System hanya satu dengan lainnya (antar AP) dan tidak membolehkan wireless clients lainnya atau Station(STA) untuk mengaksesnya.
·         Wireless repeater dimana access point berkomunikasi satu sama lain dan juga dengan wireless Station (STA)


Syarat untuk membangun Wireless Distribution System (WDS) :
1.      Access Point utama maupun Access Point Repeater harus mendukung fitur WDS.
2.      Masing-masing IP Address  Access Point tidak boleh sama.
3.      Sebagian besar Authentication access point yang didukung dalam WDS adalah WEP 64/128 bit. Dan semua Access Point yang terlibat dalam 1 koneksi harus menggunakan Methoda Enkripsi / Authentication yang sama.
4.      Channel Radio yang digunakan harus sama. Misal Channel 10.
5.      Matikan layanan DHCP Server pada Access Point Repeater, karena DHCP akan diambil alih Access Point utama yang sebagai default gateway.
6.      Ada kemungkinan WDS tidak berfungsi jika Access Point utama danAccess Point Repeater berbeda merk.

Macam-Macam Mode Pada Wireless Distribution System (WDS) bisa dibagi menjadi dua mode konektifitas wireless, yaitu :
1.      Wireless bridge, dimana Access Point WDS hanya berkomunikasi satu sama lain (sesama Access Point , dan tidak mengizinkan station (STA) untuk mengaksesnya.
2.      Wireless repeater, dimana Access Point-Access Point saling berkomunikasi satu sama lain dan mengizinkan station (STA) untuk mengakses mereka.
Keuntungan dari Wireless Distribution System adalah bahwa dengan Wireless Distribution System, header MAC address dari paket traffic tidak berubah antar link access point.
Ada dua kerugian dalam system Wireless Distribution System (WDS) ini:
·         Troughput efektif maksimum adalah terbagi dua setelah transmisi pertama (hop) dibuat. Misalkan, dalam kasus dua router dihubungkan system Wireless Distribution System (WDS), dan komunikasi terjadi antara satu komputer yang terhubung ke router A dengan sebuah laptop yang terhubung secara wireless dengan salah satu access point di router B, maka troughputnya adalah separuhnya, karena router B harus re-transmit informasi selama komunikasi antara dua belah sisi. Akan tetapi jika sebuah komputer dikoneksikan ke router A dan notebook di koneksi kan ke router B (tanpa melalui koneksi wireless), maka troughput tidak terbelah dua karena tidak ada re-transmit informasi.
·         Kunci enkripsi yang secara dinamis di berikan dan dirotasi biasanya tidak disupport dalam koneksi Wireless Distribution System (WDS). Ini berarti dynamic enkripsi WPA (Wi-Fi Protected Access) dan technology dynamic key lainnya dalam banyak kasus tidak dapat digunakan, walaupun WPA menggunakan pre-shared key adalah memungkinkan. Hal ini dikarenakan kurangnya standarisasi dalam issue ini, yang mungkin saja di selesaikan dengan standard 802.11s mendatang. Sebagai akibatnya cukuplah kunci static WEP dan WPA yang bisa digunakan dalam koneksi Wireless Distribution System, termasuk segala station yang difungsikan sebagai access point WDS repeater. Akan tetapi sekarang ini sudah banyak vendor yang telah engadopsi standard 802.11i dalam produk access point mereka sehingga WPA / WPA2 adalah standard keamanan koneksi mereka (setidaknya yang mereka claim).

B.     Simulasi Jaringan
Perancangan jaringan menggunakan teknik bridge dengan topologi star untuk antar lantai dan dalam lantai. Terdiri dari Router  utama, router lantai 1, router lantai 2, router lantai 3, router lantai 4. Antara router semuanya saling terhubung seperti gambar dibawah ini: (Via Wireless)

Desain Rancangan:
1.      Open Winbox Sebagai Tool Buat Console Mikrotik .Searching Mac AP Dengan Winbox & Click Connect
1.      Tentukan MAC AP yang akan di console .Login : admin Password : (default blank passwd)
1.      Enable Wlan seperti tertera petunjuk pada gambar AP-3
1.      Enable Bridge Dan Create Bridge1
       Masukkan ether1 & wlan1 ke dalam interface bridge
    . Masukan IP address pada Interface Ether1
     Setting Wlan1 Sebagai Ap Bridge
    Setting SSID AP dengan Band 2.4Ghz
    Setting WDS AP & Enable WDS bridge

0 komentar:

Posting Komentar